Ada yang pernah mendengar tentang Nodojiman? Kontes karaoke bergengsi yang diselenggarakan oleh pihak Jepang bertajuk Asia Karaoke Nodojiman 2016 merupakan lomba karaoke amatir yang diadakan di empat negara, yaitu Philipina, Vietnam, Indonesia, dan Hongkong. Dari kontes yang diadakan di masing-masing negara tersebut, akan diambil dua orang finalis yang selanjutnya berhak pergi ke Tokyo, Jepang untuk memperebutkan juara Asia Karaoke Nodojiman.

Pada ajang ini sistem penilaiannya tidak dengan juri manusia melainkan dengan DAM, yaitu sebuah juri mesin yang secara otomatis akan menilai kemampuan menyanyi dari beberapa aspek diantaranya kejelasan pengucapan, falsetto, vibrato, power, dan kestabilan nada. NHK sebagai penggagas dari ajang karaoke Nodojiman bekerja sama dengan perusahaan Daiichikosho bertujuan untuk memperkenalkan mesin canggih tersebut.dretyhd

Nah, siapa sangka bahwa ajang bergengsi ini juga diikuti oleh salah satu dosen prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ibu Yuli Wahyuni. Beliaulah yang kemudian menjadi salah satu finalis lomba karaoke Nodojiman regional Indonesia 2016. Beliau yang memiliki antusiasme yang tinggi sebagai penyuka musik jepang dan karaoke kemudian mendaftarkan diri melalui pendaftaran online. Alur pendaftaran tersebut meliputi dengan mengisi data secara online, kemudian pendaftar akan menerima email hasil seleksi untuk bisa ikut serta dalam babak final regional Indonesia.

Babak penyisihan diadakan di FX Sudirman dan berlangsung dengan cara pembagian grup. Peserta dibagi menjadi 4 grup yaitu grup A,B,C dan D yang mana tiap grup  berisi kurang lebih 28 peserta. Dari masing-masing  grup tersebut 2 orang yang lolos seleksi kemudian  berhak maju ke babak selanjutnya.index

Beliau dan satu orang peserta lain menjadi pemenang grup B dan berhasil maju ke babak final keesokan harinya yang bertempat di JKT 48 Teater.

Walaupun beliau tidak terpilih untuk mewakili Indonesia pada Asia Karaoke Nodojiman, namun beliau sangat puas mengikuti ajang tersebut. Beliau berharap kepada pembaca khususnya mahasiswa Prodi PBJ yang beliau cintai agar tidak kalah memiliki semangat yang positif. Semangat untuk mengejar impian. mengasah minat dan bakat. Hal ini ditegaskan oleh beliau , “Karena hal atau harapan kecil akan terwujud apabila dibarengi dengan usaha yang baik. Gunakanlah kesempatan dengan baik. Apapun hasilnya, namun pengalaman hidup yang mewarnai lebih berharga dari apapun. Jangan takut untuk bermimpi. Apapun. Karna dengan mimpi akan mendorong kita untuk menggapainya dengan usaha, semangat, dan rasa cinta”. Selain itu beliau juga menambahkan satu pesan “Get your dream , Thank you Allah. swt. I Always loving You. みんな、頑張ってね!ファイト・・・オー!!!”.