Mengenal Huruf Jepang melalui Orientasi Kana

September 15, 2018 oleh : admin

Perkuliahan untuk mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Jepang di UMY selalu dimulai dengan program orientasi kana. Pada tahun ajaran 2018/2019, orientasi kana diadakan pada tanggal 3-14 September 2018. Orientasi kana bertujuan untuk melancarkan mahasiswa baru dalam membaca dan menulis huruf jepang, yaitu hiragana dan katakana yang akan digunakan dalam perkuliahan selanjutnya.

Pembelajaran hiragana dan katakana pada orientasi kana ini dilakukan dengan metode yang menyenangkan. Selain latihan menulis dan membaca saja, banyak permainan yang dilakukan untuk membantu mahasiswa baru dalam mengingat huruf yang mereka pelajari. Media permainan yang digunakan tidak hanya tradisional saja, tapi juga menggunakan media online yang sudah didukung oleh fasilitas kampus. Mahasiswa atau kelompok yang mendapatkan poin tertinggi pun diberi penghargaan berupa makanan ringan atau souvenir.

Bukan hanya bermanfaat bagi mahasiswa baru, tetapi orientasi kana juga memberi kesempatan bagi mahasiswa tingkat dua dan tiga untuk menjadi asisten dosen pada program ini. Tingkat antusiasme mahasiswa untuk menjadi asisten dosen cukup tinggi, ada 17 mahasiswa yang membantu 7 dosen dalam program orientasi kana kali ini. Mahasiswa yang berpartisipasi pada program ini adalah, Rizti, Sigel, Dewi, Rizqi, Lintang, Fajar, Amanda, Thorieq, Trias, Rifka, Annisa, Eliya, Tania, Giri, Ahmid, Putri, dan Anyarika. Pada tahun ajaran sebelumnya, mahasiswa yang membantu program orientasi kana ditunjuk oleh dosen. Namun, pada tahun ini, semua mahasiswa tingkat dua dan tiga diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri sebagai asisten pengajar pada program ini.