Assalamualaikum wr. wb.

Mina San, konnichiwa.

Sudah lama sekali kami, NIKIGAKKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang) UMY, vakum dalam memberi kabar terkini. Mulai saat ini insya Allah kami akan aktif kembali memberikan kabar ter-up date. Tulisan perdana kami pascavakum ini membahas pengalaman para BPH (Badan Pengurus Harian) dan divisi HDP (Humas dan Pers) NIKIGAKKA, yang kemarin baru saja mengikuti Musyawaran Forum IMAJI Regional DIY dan Jawa Tengah.

IMAJI adalah kepanjangan dari Ikatan Mahasiswa Sastra dan Bahasa Jepang Indonesia yang terbentuk pada bulan November tahun 2010 di Surabaya. IMAJI merupakan organisasi mahasiswa tingkat nasional yang mengakomodasi seluruh universitas di Indonesia yang di dalamnya terdapat jurusan atau Program Studi Bahasa Jepang. Adapun visi serta misi dari IMAJI sendiri yaitu saling berbagi pengalaman dan berinovasi, serta menyatukan ikatan persaudaraan antarmahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang di Indonesia dalam rangka berpartisipasi memajukan bahasa Jepang agar lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain forum Nasional, IMAJI sendiri memiliki forum Regional. Forum regional ini diadakan dengan mempertimbangkan pentingnya forum dalam skala yang lebih kecil untuk lebih mempererat tali silaturahmi antarsesama himpunan dalam lingkup yang lebih dekat sehingga diharapkan dapat membentuk organisasi IMAJI menjadi organisasi yang lebih kuat dalam hal ikatan antaranggotanya.

Sabtu dan Minggu lalu tepatnya tanggal 25-26 Maret 2017, teman-teman BPH dan beberapa divisi HDP menadapat undangan musyawarah forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah yang bertempat di Baturaden, Purwokerto. Kabarnya para BPH yang terdiri dari ketua, wakil dan bendahara serta salah satu divisi HDP, menempuh perjalanan dari Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan roda dua. Wah! Sugoi desu ne. Tidak terbayang bagaimana rasa lelah yang dialami, selama kurang lebih lima jam menempuh perjalanan dengan kendaraan roda dua. “Lelah sih….tapi menyenangkan, karena sepanjang perjalanan kami dapat menikmati indahnya kekuasaan Sang Pencipta” begitulah jawaban dari Siska Mustika, Ketua NIKIGAKKA yang kami wawancarai. Tidak sampai disitu saja, karena kami penasaran bagaimana acara disana, kami pun langsung melakukan dialog panjang bersama Ketua NIKIGAKKA terkait berlangsungnya ke

giatan di sana. Berikut ini beberapa pernyataan serta informasi terkait kegiatan musyawarah forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah, yang disampaikan oleh ketua NIKIGAKKA PBJ UMY.

“Musyawarah forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah ini berlangsung selama dua hari satu malam, yang diikuti oleh UNSOED, UGM, UTY dan UMY. Adapun tuan rumah kegiatan ini  setiap tahunnya berlangsung secara bergantian. Pada 2017 ini yang menjadi tuan rumahnya adalah UNSOED. Sehingga itulah alasannya kegiatan ini bertempat di Baturaden, Purwokerto. Adapun agenda kegiatannya yaitu musyawarah pembentukan BPH forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah. Akan tetapi pembentukan ini hanya terdiri dari Sekretaris, Bendahara, Koordinator Kewirausahaan dan Koordinator Humas. Dikarenakan untuk ketua sendiri sudah ditentukan melalui forum IMAJI nasional, dan untuk ketua forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah sendiri dipegang oleh salah seorang mahasiswa Sastra Jepang S-1 Universitas Gajah Mada. Puji syukur NIKIGAKKA PBJ UMY terpilih sebagai Bendahara Umum forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah dipegang oleh Risqi Apriyadi, Wakil Ketua NIKIGAKKA. Adapun program kerja unggulan dari forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah sendiri yaitu pengembangan di bidang kewirausahaan.

Kegiatan berlangsung dengan begitu santai dan menyenangkan. Sesama himpunan pun saling berbagi informasi serta pengalaman terkait dengan himpunan masing-masing. Selain itu, pada musyawarah kali ini telah diadakannya penentuan tuan rumah musyawarah tahun selanjutnya. Dan alhasil, UMY lah yang menjadi tuan rumah kegiatan musyawarah selanjutnya.”

Berikut adalah beberapa dokumentasi dari kegiatan musyawarah forum IMAJI regional DIY dan Jawa Tengah yang kami dapatkan dari narasumber.

Itulah pemaparan dari Siska, ketua NIKIGAKKA UMY, mengenai kegiatan di sana. Dengan ditampilkannya beberapa dokumentasi berupa foto-foto tadi, maka berakhirlah tulisan kali ini. Bagi teman-teman pembaca yang masih penasaran dengan IMAJI maupun NIKIGAKKA, yuk, stay tune terus web site kita, www.pbj.umy.ac.id.

Akhir kata terima kasih untuk seluruh para pembaca, semoga artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman pembaca.

Salam sayang terhangat dari penulis.

Sayounara.

Wassalamualaikum Wr. Wb.