Bahasa Jepang sudah menjadi bahasa ketiga setelah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Banyak sekolah negeri maupun swasta di Yogyakarta yang telah memasukkan pelajaran bahasa Jepang kedalam kegiatan intrakurikuler. Sedangkan untuk perguruan tinggi yang mengadakan pembelajaran bahasa Jepang sudah ada tiga perguruan tinggi. Minat masyarakat akan budaya dan bahasa Jepang juga sangatlah tinggi. Dalam rangka memberikan sarana untuk dapat mengembangkan kemampuan bahasa Jepang maka PBJ UMY Berkerjasama dengan PT. Okatos Hero Mandiri, yang merupakan organizer acara  Japan, Osaka Study Abroad & Jakarta Fair 2013. Mengadakan  acara Lomba Pidato Bahasa Jepang dengan nama日本GO! pada tanggal 24 agustus 2013.

日本GO! adalah sebuah nama acara, dari kata nihon yang artinya “jepang” ditulis dengan huruf  kanji sedangkan kata GO yang artinya “pergi” ditulis dengan huruf romaji yang diadobsi dari bahasa Inggris. Selain itu 日本GO! (nihongo) juga berarti bahasa Jepang. Jadi secara keseluruhan  arti nama日本GO!  adalah pergi ke jepang dan dapat juga diartiakan belajar bahasa jepang.

Dalam acara ini terdapat lomba pidato bahasa Jepang atau dalam bahasa Jepang disebut benron taikai. Kemudian acara ini juga diikuti beberapa lomba seperti lomba menulis katakana dan hiragana, lomba menggambar karakter anime, dan sebagainya.

Berikut daftar Pemenang 日本GO! EDISI Perdana

PEMENANG LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG SMA

Nama No. peserta Asal Sekolah Total Nilai
Juara I Regina Dea Pandhita

3

SMA Stella  Duce 1 YK 228
Juara II Debora Dwi Kusumo

1

SMA BOPKRI 227
Juara III Elmo Yanuarta

2

SMA BOPKRI 226

PEMENANG LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG MAHASISWA & UMUM

Nama No. peserta Asal Sekolah Total Nilai
Juara I Sekar Kinasih

5

UGM 93
Juara II Novela P

11

UNNES 88
Juara III Rukmono D

2

UGM 86

PEMENANG LOMBA KANA

Nama Asal sekolah waktu Total Nilai
Juara I Afifah Nur R SMAN 5 YK 19.14 39
Juara II Zhafira Salsabil MAN 2 YK 25.25 35
Juara III Defita Irmantha SMAN 5 YK 33.45 33

PEMENANG LOMBA MANGA

Nama Asal Sekolah Total Nilai
Juara I Fransiscus SMAN 2 Ngaglik 446
Juara II Eriana Ayu M UGM 443
Juara III Atmi Fernandita UGM 436

 

Dengan adanya acara日本GO ini, kami mangajak pembelajar bahasa Jepang di Yogyakarta untuk dapat berlomba-lomba meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dalam berpidato. Selain itu kami berharap dengan diadakan 日本GO ini dapat menjadi salah satu agenda tahunan dalam meramaikan acara kebudayaan Jepang di Yogyakarta.