Di zaman modern ini, penggunaan teknologi berbasis E-learning dalam pendidikan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh institusi pendidikan untuk membentuk lulusannya dapat bersaing di era globalisasi. Oleh karena itu, guna memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pada hari Kamis, 26 Juli 2018, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PBJ UMY) menyelenggarakan Workshop E-learning dengan tema “Menghadapi Tantangan Disruptive Era”.

Pemateri dari workshop ini adalah bapak Muhammad Marifatullah yang merupakan staf dari Biro Sistem Informasi UMY. Dalam workshopnya beliau menjelaskan dengan detail segala sesuatu yang dapat dilakukan dalam penggunaan E-learning seperti membuat course (kelas), mempersiapkan bank soal dan system evaluasinya.  Terdapat 3 garis besar kriteria yang dapat dinilai dari E-learning  di UMY, yaitu tugas, kuis dan forum. Beliau juga menjeaskan bahwa perkuliahan menggunakan E-learning dapat dilakukan hingga 40% dari pertemuan.

Dengan diselenggarakannya workshop ini, diharapkan kedepannya mahasiswa UMY khususnya PBJ UMY tidak hanya dapat mengikuti perkuliahan secara tatap muka dalam kelas namun juga dapat melakukan perkuliahan secara daring (online). Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, PBJ UMY akan mulai menerapkan pembelajaran daring pada sebagian mata kuliah dengan model blended learning sebagai langkah awal untuk mengimplementasikan sistem pembelajaran dalam jaringan (SPADA).

Muhammad Marifatullah sebagai pemateri sedang menjelaskan materi mengenai pembelajaran dalam jaringan (kiri)