Mahasiswa Prodi PBJ UMY berfoto bersama mahasiswa prodi PBJ UHAMKA

Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UMY (Prodi PBJ UMY) selalu berupaya meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing dengan Prodi PBJ perguruan tinggi lainnya. Untuk itu, Prodi PBJ UMY setiap tahunnya selalu mengadakan Studi Banding guna menjalin silaturahmi antardosen, antarstaf dan antarmahasiswa. Agar kedepannya bisa memupuk kerjasama antara Program Studi PBJ di Indonesia.

 

Tahun ini Prodi PBJ UMY kembali mengadakan Studi Banding pada tanggal 11 hingga 14 April 2018. Pada kesempatan kali ini Prodi PBJ UMY mengunjungi dua universitas di Jakarta yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dengan kegiatan studi banding ini Prodi PBJ UMY berkesempatan untuk melakukan forum diskusi antardosen dan antarmahasiswa. Sehingga dengan dilakukannya forum diskusi tersebut Prodi PBJ UMY dapat lebih berkembang. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sonda Sanjaya, S.S., M.Pd. selaku Ketua Program Studi PBJ UMY, “Semoga pertemuan kita ini bukan pertama dan terakhir. Ini awal dari silaturahmi untuk menjalin kerjasama di lain kesempatan”.

 

Prodi PBJ UMY untuk yang kedua kalinya melakukan kerjasama studi banding dengan UHAMKA dan UNJ, demi mempererat tali persaudaraan dan kerjasama studi banding ini dilaksanakan berbeda dengan studi banding sebelumnya, studi banding kali ini lebih menggali potensi yang ada di kedua universitas dengan melibatkan mahasiswa juga untuk berperan langsung mencari informasi mengenai keunggulan UHAMKA dan UNJ dengan cara melakukan forum diskusi. Dengan menerapkan sistem seperti ini diharapkan mahasiswa lebih aktif dan mengenal mahasiswa UHAMKA dan UNJ lebih dekat.

 

Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi dengan mahasiswa UHAMKA dan UNJ adapun beberapa topik yang didiskusikan yakni seputar kegiatan bersama dosen dan kebiasaan belajar bersama mahasiswa, dukungan kampus, sarana dan prasarana, kemahasiswaan dan  akademik.

 

Kampus pertama yang dikunjungi oleh Prodi PBJ UMY adalah UHAMKA, Di UHAMKA mahasiswa melakukan diskusi bersama bertukar informasi tentang program studi masing-masing dan prestasi apa yang telah dicapai. Setelah diskusi antardosen dan antarmahasiswa selesai, mahasiswa Prodi PBJ UHAMKA maupun Prodi PBJ UMY menampilkan pentas seni. Mahasiswa Prodi PBJ UHAMKA menampilkan tarian dari Seiyuuki Yosakoi. Sedangkan mahasiswa PBJ UMY menampilkan komedi dan flashmob, sehingga menambah keseruan dalam kegiatan studi banding tersebut.

 

Sebelum melanjutkan perjalanan ke UNJ, mahasiswa Prodi PBJ UMY diajak untuk mengenal lingkungan dan kegiatan mahasiswa yang berada di UHAMKA, kemudian mahasiswa UHAMKA mengenalkan salah satu tempat mahasiswa UHAMKA yang sering digunakan untuk mengadakan kegiatan kemahasiswaan yang dinamai Ruang Workshop PBJ UHAMKA. Karena pada saat itu UHAMKA masih dalam proses pembangunan, mahasiswa Prodi PBJ UHAMKA hanya mengajak mahasiswa Prodi PBJ UMY untuk berkeliling ke Ruang Workshop saja. Semoga dengan kunjungan kali ini UMY yang masih seumur jagung ini bisa mengambil pelajaran dari Prodi PBJ UHAMKA yang lebih tua, yang masih sama sama perguruan tinggi Muhammadiyah.

 

Setelah kegiatan di UHAMKA selesai, Prodi PBJ UMY melanjutkan kunjungan ke kampus kedua yaitu UNJ. Setibanya di sana Prodi PBJ UMY langsung disambut dengan hangat mahasiswa UNJ. Karena di UHAMKA kita sudah menghabiskan waktu yang lama, kegiatan di UNJ pun dibuat secepat mungkin agar semua agenda bisa terlaksana. Banyak sekali ilmu yang bisa kita ambil dari Prodi PBJ UNJ karena umur Prodi PBJ UNJ memang sudah tua dan tentunya telah banyak mengukir prestasi dan memberangkatkan mahasiswanya ke Jepang.

 

Mahasiswa Prodi PBJ UMY berfoto bersama mahasiswa Prodi PBJ UNJ

Seusai diskusi antardosen dan antarmahasiswa selesai, mahasiswa Prodi PBJ UMY diajak untuk berkeliling kampus UNJ untuk lebih mengenal ruang lingkup dan keseharian belajar mereka. Ketika mahasiswa Prodi PBJ UMY diajak berkeliling, di UNJ sedang berlangsung Pekan Olahraga Mahasiswa. Jadi, suasana kampus  ramai sekali dan di beberapa fakultas juga banyak kumpulan mahasiswa yang sedang mengadakan kajian ataupun rapat. Dengan demikian terlihat jelas sekali bahwa mahasiswa UNJ adalah mahasiswa yang aktif berkegiatan di kampus maupun di luar kampus. Untuk memeriahkan acara Studi Banding kali ini di tengah-tengah acara juga disisipkan hiburan berupa penampilan dari mahasiwa Prodi PBJ UNJ dan UMY. Suasana pun menjadi meriah saat kedua universitas ini saling unjuk kemampuan mereka.

 

Mahasiswa Prodi PBJ UMY kembali ke Yogyakarta pada tanggal 13 April 2018. Dari kegiatan ini pengalaman yang didapat setelah melaksanakan Studi Banding di UHAMKA dan UNJ yaitu memperkuat tali silahturahmi sesama program studi pendidikan bahasa Jepang dan juga bertukar pikiran bagaimana cara mengembangkan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia supaya lebih baik. Dengan kegiatan ini diharapkan Prodi PBJ UMY mampu mengambil ilmu dari kampus yang sudah dikunjungi dan berharap suatu saat bisa berkolaborasi untuk melakukan kerja sama supaya Prodi PBJ UMY bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.