Profil

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat datang di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi PBJ UMY). Prodi PBJ UMY berdiri pada 2012 dan alhamdulillah pada 2017 telah memperoleh Akreditasi B.

Prodi PBJ UMY memiliki jumlah dosen bergelar doktor dan magister sebanyak sembilan orang yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi Jepang dan perguruan tinggi dalam negeri yang sangat bereputasi. Selain itu, dosen Prodi PBJ UMY adalah tenaga pengajar yang berpengalaman, profesional, energik, dan inovatif.

Selaras dengan visi UMY, Prodi PBJ UMY memiliki slogan Nihongo de Sekai e yang berarti ‘Mendunia dengan Bahasa Jepang’. Slogan tersebut menunjukkan visi dan komitmen Prodi PBJ UMY yang masih sangat muda namun tetap dapat berperan serta dalam globalisasi melalui bahasa Jepang. Di usianya yang sangat muda, dosen Prodi PBJ UMY banyak memperoleh kesempatan ke Jepang untuk menempuh pelatihan pengajaran bahasa Jepang dan banyak mahasiswa Prodi PBJ UMY yang telah menerima kesempatan berangkat ke Jepang dalam berbagai program yang mendukung capaian pembelajaran sesuai kurikulum Prodi PBJ UMY yang tidak hanya berfokus pada hardskill namun juga menguatkan softskill dan menguatkan nilai-nilai Islam.

Prodi PBJ UMY juga berperan aktif dalam kegiatan ilmiah di Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI), Forum Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (FDPBJ), dan selalu turut serta dalam forum ilmiah, serta berperan serta dalam publikasi jurnal. Selain itu, mahasiswa Prodi PBJ UMY yang aktif dalam forum Himpunan Mahasiswa Prodi PBJ UMY (NIKIGAKKA), forum pertukaran budaya, forum ilmiah, kongres mahasiswa bahasa Jepang Indonesia menambah kekuatan Prodi PBJ UMY untuk mencapai visi Prodi PBJ UMY. Dengan demikian, Prodi PBJ UMY selangkah demi selangkah dapat mencapai tujuan untuk menjadi pusat pengembangan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia.

Bergabunglah bersama Prodi PBJ UMY dan mari kita siapkan diri kita untuk menghadapi globalisasi.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

– Rosi Rosiah, M.Pd. –

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UMY

   Pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang  (PBJ) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dimulai pada Maret 2010 ketika Kepala Pusat Pelatihan Bahasa (PBB), Jati Suryanto, S.Pd., M.A memberikan tugas kepada Drs. Muhamad Kusnendar, M.Pd dan Drs. Mahmud  sebagai staf pengajar Bahasa Jepang di PPB UMY untuk bersilaturahmi ke Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Tujuan dilaksanakannya kunjungan ini adalah untuk mencari informasi dan menjajaki kerjasama serta konsultasi pendirian Prodi PBJ UMY termasuk mencari sumber daya manusia di bidang pendidikan bahasa Jepang. Sudjianto, M. Hum dan Sugihartono, M.A. sebagai perwakilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UPI memperkenalkan Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D selaku alumni UPI untuk ikut serta dalam pembuatan tim  penyusun proposal pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY.

   Sebagai langkah awal untuk memulai proses penyusunan proposal, Sudjianto, M. Hum., Sugihartono, M.A., dan Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D bersilaturahmi ke PBB UMY pada pertengahan Mei 2010 untuk mempresentasikan info-info mengenai prospek dan peluang pendirian Prodi PBJ UMY berdasarkan pengalaman sebelumnya dalam membuka Prodi PBJ di UHAMKA. Setelah kunjungan tersebut, dimulailah penyusunan proposal pendirian PBJ UMY yang diketuai oleh Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D., Drs. Muhamad Kusnendar, M.Pd., Drs. Mahmud Jamal beserta empat mahasiswa Pasca Sarjana PBJ UPI yaitu Yuli Wahyuni, S.Pd., M.Pd., Sonda Sanjaya, S.S., M.Pd., Wistri Meisa, M.Pd., dan Santi Mufti, M.Pd.

   15 Juni 2010, diselenggarakan Workshop Penyusunan Proposal pendirian Prodi PBJ UMY yang menghasilkan draft proposal untuk kemudian dipresentasikan di depan rektorat UMY 24 Agustus 2010. Kemudian, ada beberapa poin proposal penyusunan prodi yang direvisi sampai akhirnya proposal pendirian PBJ dikirim ke Dikti pada 24 Agustus 2010 oleh staf akademik UMY. Penyelesaian reviewer proposal dari Dikti dikirim kembali oleh UMY pada Febuari 2012. Hingga akhirnya pada awal bulan Juli 2012 izin pertimbangan pembukaan PBJ turun sehingga pihak UMY dan Biro Admisi memutuskan untuk menerima mahasiswa baru tahun 2012 meskipun masa promosi sudah lewat.

   Pada tanggal 13 Desember 2012, SK Izin Pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY dari DIKTI telah disahkan. Pada awal berdiri, PBJ UMY berada di bawah  naungan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik (FISIPOL). Namun selanjutnya, pada tanggal 31 Oktober 2013 PBJ UMY resmi berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan dilantiknya Jati Suryanto, S.Pd., M.A sebagai dekan pertama oleh Rektor UMY yang pada periode itu dijabat oleh Ir. H.M. Dasron Hamid di Ruang Loby Rektorat Gedung AR. Fakhrudin A lantai 1 kampus terpadu UMY. Saat ini, PBJ UMY memiliki tujuh dosen pengampu yang memiliki keahlian masing-masing dalam bidang pendidikan maupun bahasa dan sastra Jepang.

 

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang yang professional,

berkarakter, berwawasan internasional yang berlandaskan nilai-nilai islam pada tahun 2021.

 

MISI   

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Jepang dengan menerapkan metode pembelajaran yang terbaru dengan mengembangkan teknik, metodologi dan pendekatan belajar secara kreatif.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bahasa Jepang yang ditopang dengan kemajuan teknologi yang berkualitas, berdaya saing global, dan relevan dengan tujuan pendidikan nasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang berbasis kepada bahasa Jepang dan pengembangan proses belajar mengajar bahasa Jepang.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kepada kebermanfaatan berkehidupan secara luas baik pada dunia pendidikan bahasa Jepang maupun non pendidikan bahasa Jepang.
  5. Meningkatkan harkat dan martabat manusia dalam upaya meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban berdasarkan nilai-nilai islam dan Kemuhammadiyahan.

 

Visi dan Misi

Kompetensi Utama : Pendidik, Peneliti dan Entrepreneur

  1. Mampu mengambil keputusan secara akademik dan mandiri dalam kelompok kerja bidang bahasa dan pembelajaran Bahasa Jepang
  2. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan bekerjasama dalam kelompok kerja bidang bahasa dan pembelajaran Bahasa Jepang
  3. Mampu melaksanakan pembelajaran Bahasa Jepang sesuai prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran dengan metode PAIKEM di dalam maupun luar kelas serta kehidupan bermasyarakat”
  4. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni dalam bidang pendidikan bahasa Jepang melalui pendekatan monodisipliner
  5. Mampu melaksanakan pengembangan ilmu melalui riset sesuai metodologi penelitian dengan kreatif dalam bidang pendidikan Bahasa Jepang baik di dalam maupun luar kelas serta dalam masyarakat
  6. Mampu menggunakan Bahasa Jepang sesuai dengan kaidah bahasa yang benar secara lancar untuk berkomunikasi sesuai standar kompetensi setara minimal JLPT N3
  7.  Menguasai keterampilan bahasa dan linguistik Bahasa Jepang sesuai  standar kompetensi setara minimal JLPT N3
  8.  Mampu mengambil keputusan secara akademik dan mandiri dalam kelompok kerja bidang bahasa dan pembelajaran Bahasa Jepang.
  9.  Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan bekerjasama dalam kelompok kerja bidang bahasa dan pembelajaran Bahasa Jepang
  10.  Mampu menggunakan Bahasa Jepang sesuai dengan kaidah bahasa yang benar secara lancar untuk berkomunikasi sesuai standar kompetensi setara minimal JLPT N3.
  11.  Menguasai keterampilan bahasa dan linguistik Bahasa Jepang sesuai standar kompetensi setara minimal JLPT N3.
  12. Mampu mengambil keputusan secara akademik dan mandiri dalam kelompok kerja bidang bahasa dan pembelajaran Bahasa Jepang.
  13. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan bekerjasama dalam kelompok kerja bidang bahasa dan pembelajaran Bahasa Jepang.
  • Kompetensi I : Fasih keempat ketrampilan berbahasa dan berkomunikasi dalam bahasa JepangKompetensi utama yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja di era globalisasi:
  • Kompetensi II : Terampil dalam mengajar dan mendidik
  • Kompetensi III : Terampil dalam melakukan penelitian
  • Kompetensi IV : Terampil dalam berwirausaha

Kompetensi Tambahan

  1. Kompetensi bisnis: lulusan akan terampil membuka usaha yang berbasis bahasa Jepang
  2. Kompetensi soft skill: lulusan dibekali dengan keterampilan memimpin, Bekerjasama, melakukan presentasi, pemecahan masalah dengan kreatif, ketrampilan berorganisasi dan berkomunikasi secara efektif.
  3. Kompetensi spiritual: kurikulum diarahkan pada keseimbangan penguasaan pengetahuan, keterampilan dan penguatan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Prospek Karir Alumni

Dengan kompetensi utama dan kompetensi tambahan, para lulusan dapat memilih berbagai karier yang menjanjikan seperti:

  • Pendidik: guru, dosen dan instruktur bahasa Jepang
  • Praktisi: Interpreter, penerjemah dan pemandu wisata
  • Pengusaha: pemilik dan pengelola kursus dan manajer biro penerjemahan
  • Pegawai yang berbasis  Bahasa dan Pendidikan


Hampir semua dosen PBJ UMY pernah mendapatkan pendidikan dan pelatihan di Jepang. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UMY memiliki 8 dosen tetap yang terdiri dari :

  • ž1 orang dosen Lulusan Doktor Pendidikan Bahasa Jepang lulusan Hiroshima University Japan
  • ž8 orang dosen Lulusan Master Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Daftar staf pengajar:

  1. Dedi Suryadi, M. Ed., Ph. D
  2. Drs. Muhamad Kusnendar., M. Pd
  3. Rosi Rosiah, S. Pd., M.Pd
  4. Sonda Sanjaya, S. S., M.Pd
  5. Thamita Islami Indraswari, S. S., M. Pd
  6. Wistri Meisa, S. Pd., M.Pd
  7. Yuli Wahyuni, S. Pd., M. Pd
  8.  Azizia Freda Savana, S.Pd., M.Pd
  9.  Arsyl E.R. Machawan, S.Pd., M.Pd

  • Menggunakan kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dengan pembelajaran yang berpusat pada  mahasiswa (Student Center Learning)
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang  Pertama di Yogyakarta 
  • Staf pengajar yang berkualitas,ramah, humoris dan profesional
  • Mencetak lulusan yang berkarakter, islami dan kompeten sebagai pendidik, praktisi maupun peneliti Bahasa Jepang.
  • Pembelajaran mencakup Bahasa Jepang dengan target minimal lulus N3 (tingkat bahasa jepang yang dibutuhkan di dunia kerja) dan pengetahuan pedagogik (kependidikan dan pengajaran) serta penelitian.
  • Pendampingan lomba untuk calon peserta lomba yang mewakili Prodi PBJ
  • Terdapat Try Out Japanese Language Proficiency Test (JLPT) untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi JLPT
  • Terdapat kegiatan akademik yang meningkatkan soft skill seperti Bridging Course dan Studi Banding
  • Himpunan mahasiswa yang mendukung dan menyalurkan kreativitas mahasiswa di bidang budaya dan bahasa Jepang.