Sejarah

Pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang  (PBJ) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dimulai pada Maret 2010 ketika Kepala Pusat Pelatihan Bahasa (PBB), Jati Suryanto, S.Pd., M.A memberikan tugas kepada Drs. Muhamad Kusnendar, M.Pd dan Drs. Mahmud  sebagai staf pengajar Bahasa Jepang di PPB UMY untuk bersilaturahmi ke Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Tujuan dilaksanakannya kunjungan ini adalah untuk mencari informasi dan menjajaki kerjasama serta konsultasi pendirian Prodi PBJ UMY termasuk mencari sumber daya manusia di bidang pendidikan bahasa Jepang. Sudjianto, M. Hum dan Sugihartono, M.A. sebagai perwakilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UPI memperkenalkan Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D selaku alumni UPI untuk ikut serta dalam pembuatan tim  penyusun proposal pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY.

Sebagai langkah awal untuk memulai proses penyusunan proposal, Sudjianto, M. Hum., Sugihartono, M.A., dan Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D bersilaturahmi ke PBB UMY pada pertengahan Mei 2010 untuk mempresentasikan info-info mengenai prospek dan peluang pendirian Prodi PBJ UMY berdasarkan pengalaman sebelumnya dalam membuka Prodi PBJ di UHAMKA. Setelah kunjungan tersebut, dimulailah penyusunan proposal pendirian PBJ UMY yang diketuai oleh Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D., Drs. Muhamad Kusnendar, M.Pd., Drs. Mahmud Jamal beserta empat mahasiswa Pasca Sarjana PBJ UPI yaitu Yuli Wahyuni, S.Pd., M.Pd., Sonda Sanjaya, S.S., M.Pd., Wistri Meisa, M.Pd., dan Santi Mufti, M.Pd.

15 Juni 2010, diselenggarakan Workshop Penyusunan Proposal pendirian Prodi PBJ UMY yang menghasilkan draft proposal untuk kemudian dipresentasikan di depan rektorat UMY 24 Agustus 2010. Kemudian, ada beberapa poin proposal penyusunan prodi yang direvisi sampai akhirnya proposal pendirian PBJ dikirim ke Dikti pada 24 Agustus 2010 oleh staf akademik UMY. Penyelesaian reviewer proposal dari Dikti dikirim kembali oleh UMY pada Febuari 2012. Hingga akhirnya pada awal bulan Juli 2012 izin pertimbangan pembukaan PBJ turun sehingga pihak UMY dan Biro Admisi memutuskan untuk menerima mahasiswa baru tahun 2012 meskipun masa promosi sudah lewat.

Pada tanggal 13 Desember 2012, SK Izin Pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY dari DIKTI telah disahkan. Pada awal berdiri, PBJ UMY berada di bawah  naungan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik (FISIPOL). Namun selanjutnya, pada tanggal 31 Oktober 2013 PBJ UMY resmi berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan dilantiknya Jati Suryanto, S.Pd., M.A sebagai dekan pertama oleh Rektor UMY yang pada periode itu dijabat oleh Ir. H.M. Dasron Hamid di Ruang Loby Rektorat Gedung AR. Fakhrudin A lantai 1 kampus terpadu UMY. Saat ini, PBJ UMY memiliki tujuh dosen pengampu yang memiliki keahlian masing-masing dalam bidang pendidikan maupun bahasa dan sastra Jepang.