Sambutan Kaprodi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat datang di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi PBJ UMY). Prodi PBJ UMY berdiri pada 2012 dan alhamdulillah pada 2017 telah memperoleh Akreditasi B.

Prodi PBJ UMY memiliki jumlah dosen bergelar doktor dan magister sebanyak sembilan orang yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi Jepang dan perguruan tinggi dalam negeri yang sangat bereputasi. Selain itu, dosen Prodi PBJ UMY adalah tenaga pengajar yang berpengalaman, profesional, energik, dan inovatif.

Selaras dengan visi UMY, Prodi PBJ UMY memiliki slogan Nihongo de Sekai e yang berarti ‘Mendunia dengan Bahasa Jepang’. Slogan tersebut menunjukkan visi dan komitmen Prodi PBJ UMY yang masih sangat muda namun tetap dapat berperan serta dalam globalisasi melalui bahasa Jepang. Di usianya yang sangat muda, dosen Prodi PBJ UMY banyak memperoleh kesempatan ke Jepang untuk menempuh pelatihan pengajaran bahasa Jepang dan banyak mahasiswa Prodi PBJ UMY yang telah menerima kesempatan berangkat ke Jepang dalam berbagai program yang mendukung capaian pembelajaran sesuai kurikulum Prodi PBJ UMY yang tidak hanya berfokus pada hardskill namun juga menguatkan softskill dan menguatkan nilai-nilai Islam.

Prodi PBJ UMY juga berperan aktif dalam kegiatan ilmiah di Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI), Forum Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (FDPBJ), dan selalu turut serta dalam forum ilmiah, serta berperan serta dalam publikasi jurnal. Selain itu, mahasiswa Prodi PBJ UMY yang aktif dalam forum Himpunan Mahasiswa Prodi PBJ UMY (NIKIGAKKA), forum pertukaran budaya, forum ilmiah, kongres mahasiswa bahasa Jepang Indonesia menambah kekuatan Prodi PBJ UMY untuk mencapai visi Prodi PBJ UMY. Dengan demikian, Prodi PBJ UMY selangkah demi selangkah dapat mencapai tujuan untuk menjadi pusat pengembangan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia.

Bergabunglah bersama Prodi PBJ UMY dan mari kita siapkan diri kita untuk menghadapi globalisasi.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.