Ide pendirian prodi PBJ UMY dimulai awal tahun 2010 tepatnya pada bulan maret 2010, ketika Kepala Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UMY yang pada waktu itu dijabat Bpk. Jati Suryanto .S.Pd, MA memberikan tugas Bpk Drs. Kusnendar dan Drs. Mahmud Jamal yang pada waktu itu sebagai staf pengajar bahasa Jepang di PPB UMY untuk bersiraturahmi ke Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Tujuan kunjungan ini untuk mencari infomasi dan menjajaki kerjasama serta konsultasi pendirian prodi PBJ termasuk mencari Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan bahasa Jepang khususnya di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Pasca Sarjana UPI Bandung yang pada waktu itu diterima oleh Bpk.Sudjianto M.Hum dan Bpk Sugihartono.MA. Beliau memperkenalkan salah seorang alumni UPI yang baru kembali dari study S3 di Hiroshima University yaitu Bpk. Dedi Suryadi, M,Ed. Ph.D untuk menjajagi kemungkinan untuk bisa membuat Tim Penyusun Proposal Pendirian Prodi Pendidikan bahasa Jepang UMY.

     Sebagai langkah awal penjajakan maka pada pertengahan Mei 2010, Bpk Sudjianto,M.Hum, Bpk, Sugihartono,MA dan Bpk Dedi Suryadi, M.Ed,Ph.D diundang bersilaturahmi ke PPB UMY untuk memperesentasikan info info tentang prospek dan peluang pendirian prodi PBJ UMY berdasarkan pengalaman belaiu membuka prodi Pendidikan Bahasa Jepang di UHAMKA beberapa tahun yang lalu. Setelah kunjungan ini maka dimulailah penyusunan proposal pendirian prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY yang ketuai oleh Bpk, Dedi Suryadi, M.Ed, Ph.D beserta Bpk. Drs.Kusnendar , Bpk Drs.Mahmud Jamal dan 4 Orang Mahasiswa Pasca Sarjana di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UPI yaitu. Yuli Wahyuni,S.Pd, Sonda Sanjaya, S.Pd, Wistri Meisa,S.Pd dan Santi Mufti, S,Pd.
        Pada tanggal 15 Juni 2010 di selenggarakan Workshop Penyusunan Proposal pendirian prodi PBJ UMY di Meeting room hotel Resort Isola UPI bandung yang menghasilkan draf proposal yang kemudian dipresentasikan di depan rektorat UMY pada tanggal 24 Agustus 2010, setelah beberapa point di revisi maka pada bulan september 2010 proposal pendirian prodi PBJ dikirim ke Dikti oleh staf akedemik UMY .
       Setelah hampir menunggu lebih dari setahun pada bulan Desember 2011 keluar tentang hasil reviewer dari dikti yang mengharuskan proposal direvisi total terutama di point, Keuangan dan melengkapi SDM.serta Kurikulum. Baru pada Februari 2012 revisi proposal di kirim kembali ke website Pendaftaran prodi baru Dikti dan Alhamdullilah Ijin pertimbangan pembukaan prodi PBJ akhirnya turun pada awala Bulan Juli 2012 sehingga pihak UMY dan Biro Admisi memutuskan untuk menerima mahasiswa baru tahun 2012 meskipun masa promosi sudah lewat.
      Pada tanggal 13 Desember 2012 , setelah menunggu lebih dari 2 tahun akhirnya SK Ijin Pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY dari DIKTI telah disyahkan dan sekarang Prodi pendidikan Bahasa Jepang bernaung di Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) UMY, yang juga lahir bersama dengan SK Ijin pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ ,bersama dengan prodi pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan pendidikan bahasa Arab( PBA).
    Saat Ini Prodi PBJ mempunyai 8 Orang staf yang terdiri dari Satu orang dosen Doktor lulusan Hiroshima University, 3 orang master Lulusan Pasca Sarjana UPI dan 4 orang dosen yang sedang menyusun thesis di program Master Pendidikan Bahasa Jepang UPI.