Study Tour 2014 : kunjungan ke Jakarta

Mei 22, 2014 oleh : admin

Mina San, Konnichiwa ~

Pada tanggal 12 Mei 2014, Program Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PBJ UMY) telah melaksanakan program study tour ke Jakarta dalam rangka mengunjungi The Japan Foundation Jakarta dan kunjungan persahabatan dengan beberapa universitas yang memiliki program pendidikan bahasa jepang di Jakarta, seperti Universitas Muhammadiyah Buya Hamka (UHAMKA) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tujuan dari diadakannya program ini, selain menjalin persahabatan dengan universitas lain, ialah lebih membuka wawasan dan pengetahuan mahasiswa/I tentang system pendidikan di universitas lain, memahami kebudayaan Jepang, dan mendapat informasi lain yang dapat berguna kedepannya. Kegiatan study tour ini diikuti oleh mahasiswa/I serta dosen PBJ UMY. 

Pada hari pertama study tour ,mengunjungi The Japan Foundation Jakarta (JF). Di JF para mahasiswa dan dosen diperkenalkan dengan JF yang merupakan pusat segala sesuatu yang berhubungan pendidikan Jepang di Indonesia. Kemudian menonton beberapa video dari Kokoro No Tomo yang menampilkan Ryan Adriandhy dari Indonesia sebagai Tomo dan Yuki Kimoto dari Jepang sebagai Kokoro. Dilanjutkan melihat video tentang keadaan Jepang pasca tsunami beberapat ahun yang lalu.Para mahasiswa juga diajak berkeliling melihat perpustakaan milik JF yang merupakan perpustakaan yang sangat memadai dan menunjang untuk penelitian mahasiswa terhadap Jepang, serta mahasiswa diajarkan kebudayaan Furoshiki  (seni melipat kain dari Jepang). Kunjungan diakhiri dengan Tanya jawab dari pihak PBJ UMY kepada JF.

Suasana Perpustakaan The japan Foundation Jakarta


Kunjungan berikutnya, ialah Program Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Buya Hamka (PBJ UHAMKA). Di UHAMKA, mahasiswa diberi kesempatan bertanya seputartentang PBJ UHAMKA serta melihat-lihat kampus UHAMKA,dan berkenalan dengan senpai-senpai dari UHAMKA.

Hari kedua study tour, mengunjungi Program Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta (PBJ UNJ).Selain memperkenalkan Program Pendidikan masing-masing antara PBJ UMY dan PBJ UNJ, mahasiswa dari kedua pihak juga memperkenalkan Himpunan Mahasiswa (HiMa) masing-masing. Kunjungan berakhir dengan penampilan acoustic dari UNJ dan UMY serta foto bersama.

Akhirnya, Study Tour PBJ UMY berakhir ditutup dengan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain menjadi ajang silaturrahmi, semua pihak berharap bahwa hal ini membawa manfaat yang baik khususnya terhadap mahasiswa/i PBJ UMY.