Setelah kurang lebih dua bulan melaksanakan kegiatan pelatihan Japanese Language Proficiency Test (JLPT), pada hari Rabu, 28 November 2018 Prodi PBJ UMY menyelenggarakan Try Out dan penutupan kegiatan pelatihan JLPT. Try Out tersebut merupakan rangkaian akhir pelatihan dan diselenggarakan sebagai bentuk evaluasi guna mengukur kesiapan mahasiswa yang mengikuti pelatihan dalam menghadapi tes JLPT yang akan datang.

Kegiatan penutupan pelatihan JLPT dihadiri oleh Kaprodi PBJ UMY, Dosen dan Staff Prodi PBJ UMY, serta seluruh mahasiswa yang mengikuti pelatihan kali ini. Dalam sambutannya, Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D. selaku ketua pelaksana mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya pelatihan ini hingga selesai meskipun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Beliau juga berujar bahwa tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk memperkenalkan JLPT kepada mahasiswa, terutama bagi mereka yang belum pernah mempunyai pengalaman mengikuti JLPT.

Selain ketua pelaksana, Kaprodi PBJ UMY, Sonda Sanjaya, S.S., M.Pd. dalam sambutannya berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar  persiapan untuk JLPT saja, tetapi kegiatan ini juga diharapkan dapat memacu mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi bahasa Jepang mereka. Hal ini dikarenakan, ketika mahasiswa lulus kuliah dan melanjutkan studi atau melamar pekerjaan ke perusahaan Jepang maupun instansi yang berhubungan dengan kejepangan, mereka akan membutuhkan sertifikat kompetensi Bahasa Jepang minimal N3. Maka dari itu, diharapkan semua lulusan Prodi PBJ UMY minimal berkualifikasi kompetensi N3 dan maksimal N1 agar mahasiswa memiliki kompetensi bahasa Jepang yang dibutuhkan oleh banyak stakeholder.